Baju Baru? Alhamdulillah...

Puasa masih diawal awal, masih kurang tepat jika sudah merencanakan membeli baju baru. Namun sepertinya kisah hidupku membuatku ingin sekali bercerita tentang bahagianya aku dulu saat dapat baju "baru" saat Lebaran.

Masa kanak-kanak, sebagian besar kawanku akan diakhiri dg sepasang atau lebih pakaian baru saat selesai acara puasa dengan berlebaran. Sebenarnya itu bukan hal yang buruk, toh merayakan hari kemenangan, jadi syah-syah saja jika ingin ber-Lebaran dengan pakaian yang serba baru. 
Hukumnya jelas tidak wajib, karena yang dibutuhkan sebenarnya adalah pakaian bersih saat melakukan sholat Ied. 

Berhubung ekonomi keluargaku tidak semewah meriah kawan-kawanku, untuk yang namanya baju baru ini belum tentu ada. Bisa masak opor dan lontong sayur saja sudah sangat mewah. Bahagia adalah saat bisa memakan sayur opor, lontong, dan sambal goreng buatan Ibu. 
Rasanya, juaraaaa...

Kembali ke tradisi baju baru. 
Suatu ketika malam takbiran, Babe pulang agak larut. Ibu sedang sibuk mempersiapkan hidangan kebesaran tuk ber-Lebaran esok pagi. Malam itu beliau membawa bungkusan, dan ternyata beberapa pakaian bekas yang Babe dapatkan dari saudara-saudaranya. 
Terharu jika mengingatnya. Babe lakukan hal tersebut agar aku bisa berlebaran dengan baju "baru", mungkin lebih tepat baju beda dari yang sudah sering kupakai sebelumnya hehehe..
Malam itu langsung saja baju-baju tersebut kucuci, dengan harapan esok pagi bisa kugunakan. 
Yang penting baju beda, walaupun tidak baru...
Subuh aku sudah bangun, semangat ber hari Raya membuatku sangat antusias. Kuambil baju dari jemuran dan bermaksud tuk kusetrika, karena ternyata belum kering benar. Walhasil lumayan melelahkan setrika 1 baju dipagi buta tersebut. 
Hahahaha pengorbanan demi sebuah eksistensi... 
Wakkkkk...

Baju biru lengan panjang kotak-kotak pemberian tersebut, sebenarnya berukuran lebih besar dariku, namun beruntunglah jaman SMP-ku dandan ala baju gombrong sangat keliatan keren, bahasa jaman dulu disebut trandy. Ala ala Penyanyi Rapp..
Walaupun ukuran yang tidak pas, dan kancing yang sudah banyak kendor di benangnya, tetap saja baju tersebut kujadikan baju Hari Rayaku, tidak ada pilihan lain pemirsa...
Kelar sholat Ied, acara beramah tamah dengan teman sebaya dikampung. Asyik kami bercanda tawa sambil menikmati berbagai hidangan Lebaran. Guyonan dan saling menjahili satu sama lain acara yang paling seru, sampai akhirnya tanpa sengaja seorang kawan menarik terlalu kuat baju yang kupakai dan... BREEEETTTT!!!!! Sembret pemirsah!! Maklum baju lama, yang mungkin sudah tidak kuat kainnya, walhasil pulang dengan semi telanjang hahahahaha...

Mengingat tragedi baju "baruku" tersebut, selanjutnya saat jelang Lebaran aku sangat berhati-hati jika Babe membawa baju baru demi anaknya yang satu ini. 

Ahhh jadi kangen sama Babe n Mami, Lebaran besok tanpa mereka berdua, opor Mami masih yang paling juara dalam ingatanku, dan baju dari Babe, walaupun tidak baru, selalu menjadi pakaian terbaik yang pernah kumiliki. Ada cinta disana, ada ketulusan, ada usaha membahagiakan orang tua kepada anak. 

Love you all..
(Ramadhan hari ke 4)




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Filosofi Jawa Yu Beruk..

Basa Jawa Ndeso?