Jelang Ramadhan...

Sebentar lagi tak terasa Ramadhan akan tiba…
Ada sedikit ngilu dalam dada ini bila harus mengingat dengan kenyataan bahwa Tahun ini aku akan berpuasa sendiri.

Tahun lalu masih ada Babe yang berpuasa (walaupun) dalam kondisi sakitnya. Pagi dini hari rutinitas membangunkan Babe untuk santap sahur, Ramadhan nanti sudah tidak ada.

Tahun lalu, walaupun dalam kondisi sakit, beliau minta agar bias berpuasa, katanya “Wong Islam kok ra poso ki saru tur dosa, po maneh aku gur tura turu nang kasur…”, ada sedikit haru, namun lebih banyak rasa kagum padanya.
Masih teringat kenangan dimana Babe selalu menyalakan alaram pada jam weker-nya yang maigottt suaranya memekak-kan telinga , agar kami serumah terjaga.
Seringnya (berhubung sudah sepuh), pagi sebelum aku tinggal berangkat kantor, beliau akan kembali “menagih” jatah sarapan, dan harus mengingatkan jika Babe Puasa Ramadhan. Jika sudah seperti  itu barisan gusi ompongnya menghiasi mulutnya saat tertawa.
Ah Babe kangen rasanya…

Sepulang kantor hal yang serupapun akan biasa terjadi, saat beliau marah-marah jika makan siangnya belum kusiapkan, dan harus sekalI lagi memberitau akan puasa Ramadhanya.  Selama Seminggu awal kegiatan itu berlangsung, ajaibnya setelah Lebaran, justru harus memberitahukan bahwa ini sudah bukan bulan puasa, dan giliran Babe yang tidak dahar saat kusiapkan hidangnya. Hehehe

Kalo Mami lebih unik lagi, puasa terakhir beliau Tahun 2012, Mami biasanya membangunkanku di kamar, saat ditanya “Arep sahur ora Le..??”
Kujawab “Ora…”, karena kantuk yang masih sangat menggoda, 
Mami langsung ngeloyor keluar kamar. Padahal terkadang jawaban itu hanyalah kalimat sekenanya, mbangane kedawan. Hasilnya kelabakan sendiri jelang Imsak..

Babe dan Mami aku yakin sudah tenang di sana, meninggalkan anaknya yang mbeling ini. Mungkin meraka sudah percaya bahwa aku bisa menghadapi hidup ini sendiri. 
Mungkin sudah tidak ada lagi yang harus kusiapkan menu sahurnya besok, tidak ada lagi yang perlu diingatkan karena lupa.

Semoga Tahun depan sudah ada seseorang yang akan membangunkanku dan berkata
“Pi… Sahur gak…???
Dan akan kujawab “ORAKKKKKK!!!”

Hahahaha…….

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Filosofi Jawa Yu Beruk..

Basa Jawa Ndeso?