Copy Paste

Pernah gak sedikit berpikir dan mengakui bahwa kita ini adalah hasil mengcopy dari apa yang orang tua contohkan. Aku misalnya, Alm Mami itu sosok flamboyan yang gemar dandan. Beliau miss matching, dari ujung rambut sampai sepatu. Bahkan pernah suatu kali bertemu dengan mantan muridnya mengatakan yang sama.
"Bu Nik itu kalo pakai rok hijau, pasti antingnya hijau, dan sebagainya.."
Aku gak serta merta mencotoh persis, namun yang jelas aku flamboyan sedikit banyak karena beliau.
Beda dengan Alm.Babe, yang hobby sekali pegang sapu dan bebersih. Aslinya aku juga suka dengan mbabu wanna be. Asyik lho, tapi itu sesekali saja kulakoni saat ini...

Kata orang yang namanya anak itu lebih suka melihat daripada mendengarkan, makanya tidak jarang anak-anak yang ada susah dikasih masukan, tapi mereka pintar mencontoh.
Dan aku selalu punya keyakinan akan hal tersebut.

Memang, saat ini kami belum diberi momongan, namun seyogyanya sebagai orang tua memberikan contoh yang baik buat anak-anaknya. Tidak ada sosok orang tua sempurna, minimal sosok orang tua yang gaul lah. Milenial gitu hehehe.
Dan gak juga harus berlaku menjadi sosok super hero yang bisa segala hal. Semua orang tua punya kekurangan kok. Manusiawi itu.

Dari beberapa kawan sering kujumpai ya anak adalah copy-an orang tuanya. Walaupun pengaruh lingkungan juga berperan saat sudah dewas kelak, namun saat belum menjadi milik "dunia" seringkali lingkungan dalam rumah yang dicontoh. Baik ataupun buruk.

(Kadung Trisna Kidung Asmara)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Filosofi Jawa Yu Beruk..

Basa Jawa Ndeso?